Demi Kelancaran Aliran Sungai, Pengangkutan Sedimen Sampah Digelar di Gajayana Kota Malang

Musim penghujan akhir-akhir ini sedang terjadi di Kota Malang. Debit hujan yang deras dalam satu hari menimbulkan dampak yang cukup besar bagi lingkungan. Salah satunya adalah banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Malang. Supaya air sungai tidak meluap di wilayah Kota Malang, pengangkutan sedimen sampah akhirnya diadakan untuk mengurangi debit air sungai.

PMI Kota Malang bersama dengan ODP Kecamatan Lowokwaru menggandeng perwakilan Kelurahan Dinoyo serta pengurus LPMK, bhabinkamtibmas dan sejumlah jajaran pewakilan tokoh warga sekitar kelurahan Dinoyo Kota Malang bekerja sama dalam melaksanakan bersih-bersih sedimen sampah yang menumpuk. Bahkan, Bapak M.Kairi selaku Lurah Dinoyo Kota Malang beserta dengan tim juga ikut membantu dalam kegiatan ini.

Dibantu dengan alat transportasi pengeruk sedimen sampah, para tokoh dan warga kelurahan Dinoyo saling berjibaku membersihkan aliran sungai di sepanjang Jalan Simpang Gajayana. Kegiatan dilaksanakan dengan secara antusias dan kompak mulai pada Hari Minggu, 19 Februari 2023 yang dimulai pukul 08.00 hingga selesai.

kegiatan pembersihan sedimen sampah yang menumpuk

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mencegah penumpukan sampah di aliran sungai lebih parah lagi. Dengan adanya kegiatan pemebrsihan sedimen sampah ini, aliran sungai di beberapa wilayah jalan terutama di bagian gorong-gorong semakin lancar. Dengan begitu, diharapkan sungai tidak meluap dan banjir saat musim penghujan seperti ini.

Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi demi menjaga kebersihan dan keamanan keluarah dinoyo dan seluruh Kota Malang. Namun, semua warga juga perlu memiliki keasadaran penuh dalam menjaga kebersihan dengan cara menghentikan kebiasaan membuang sampah sembarangan, terutama di wilayah aliran sungai. Solusinya dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan daur ulang atau bisa menyalurkannya di bank sampah yang sudah ada di wilayah sekitar.

Pewarta: Gajayana One

Penulis: Tim Kim Kanuruhan

Penyunting: Chandra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.